KEBUNTOTO > Situs Slot Online Tergacor Hari Inikebuntoto

Unmus-Undana Jalin Kerjasama

DALAM rangka memajukan Universitas Musamus (Unmus) maupun Universitas Nusa  Cendana (Undana) dalam bidang tri dharma perguruan tinggi, maka Unmus dan Undana menjalin kerjasama. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) di ruang rapat rektorat lantai dua Undana Penfui, Jumat (7/4) masing-masing dilakukan oleh  Rektor Unmus, Dr. Philipus Betaubun, ST.,MT dan Rektor Undana, Prof.Ir.Fredrik L.Benu, M.Si.,Ph.D

Dr. Philipus dalam pengantarnya mengatakan, pihaknya berkeinginan membangun Indonesia, khsusnya Papua dari Kabupaten Merauke. Untuk membangun Kabupate Merauke, maka Pendidikan Tinggi di Unmus harus dibangun terlebih dahulu. Karena itu, pihaknya  telah melakukan beberapa kerjasama dengan beberapa universitas di Jawa. Dan, kali ini ia menjalin kerjasama dengan Undana. Kerjasama tersebut, katanya, untuk menampung sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh beberapa universitas agar diterapkan di Unmus. Ia menyampaikan terima kasih karena pimpinan Undana bersedia melakukan kerjasama tersebut.

Ia menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan Undana, karena memiliki UPT. Laboratorium Lapangan Terpadu Lahan Kering  Kepulauan (LLTLKK), yang memiliki fasilitas dan Sumber Daya Manusia yang memadai, sehingga bisa menjadi tempat belajar para mahasiswa maupun dosen di Unmus. Dengan adanya  laboratorium Bioscience Undana, maka Unmus berkeinginan untuk mengirim staf ke Undana untuk belajar bersama para laboran di Undana, karena ke depan Unmus pun berencana membuat laboratorium serupa. Selain itu, dengan adanya Program Pascasarjana (PPs) Undana, maka Unmus pun bisa mengirin staf ke Undana untuk mengikuti kuliah.

Meski merupakan salah satu universitas negeri yang hanya memiliki 11.341 mahasiswa. Namun, katanya, Unmus ke depan harus meningkatkan status menjadi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU). Untuk itu, ia meminta kepada pimpinan Undana agar bersedia membantu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Undana untuk memabantu dalam penyusunan PPK BLU Unmus nanti. Begitupun dengan dokumen yang berkaitan dengan PPK BLU. Ia mengaku, yang membuat Unmus kian maju adalah, semua aktivitas yang berkaitan dengan pengisian KRS, KHS atau konsultasi dilakukan secara online, dan para pegawai dan dosen pun disiplin dalam bekarja.

Sementara Rektor Undana, Prof. Fred Benu mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya kerjasama yang dilakukan Unmus dengan Undana. Undana, katanya, memiliki mahasiswa sekitar 24 ribu, dan tahun ini diperkirakan akan menajdi 30 ribu mahasiswa. Tenaga dosen terdiri dari 24 guru besar, 216 doktor, dan sisanya magister. Undana memiliki UPT. LLTLKK yang menjadi pusat keunggulan yang dilengkapi fasilitas dan SDM yang memadai. Ia menjelaskan, Undana menjadi BLU, karena salah satunya adalah memiliki keunggulan lahan kering kepulauan terpadu. Terkait dengan permintaan Rektor Unmus, untuk kerjasama tersebut, ia mengatakan pihaknya siap menindaklanjuti kerjasama tersebut dengan menyiapkan staff pengajar untuk membantu, dan menyiapkan staff untuk rencana penyusunan dokumen PPK-BLU Unmus.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PPK BLU Undana, Dr. Ir. Stefanus Manongga, MS menjelaskan tujuan Undana menjadi PPK BLU, proses penyusunan dokumen PPK- BLU hingga ditetapkan menjadi PPK-BLU secara penuh oleh Kementerian Keuangan tanggal 3 Maret lalu. Pantauan media ini, hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. David B. W. Pandie, MS. Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan, Prof. Mangadas L. Gaol, Ph. D, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Simon S. Ola, M.Hum, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Ir. I Wayan Mudita,M.Sc.,Ph.D, Ketua PPs Undana, Prof . Alo Liliweri, MS, Ketua Lembaga Penelitian, Prof. Mien.Ratoe Oedjoe, Ketua LPM, Dr. Umbu Lily Pekuwali, Kepala Laboratorium Bioscience, Prof. Ir. Henderina Belly dan Kepala UPT LLTLKK Undana, Dr Ir Mahmudin MS . Sebelum mengikuti penandatanganan MoU, Rektor Unmus, Dr. Philipus bersama rombongan, yakni Ketua LP3M, Dirwan Muchlis, S.Pt, MP, Kasubbag Rumah Tangga dan BMN, Ferdinandus Lewa, S.Sos dan Kasubbag Tata Usaha dan Kepegawaian, Edmundus Gore, S.Sos berkunjung ke UPT  Lahan Kering Kepulauan dan Laboratorium Bioscience  [refl/ovan]

Sumber : https://kerjasama.undana.ac.id/unmus-undana-jalin-kerjasama/

Leave a Reply

Your email address will not be published.